Sodium Silikat Sebagai Buffer
Pada Enamel Pasta Gigi

By Ajidharma Corporindo (Distributor Bahan Kimia)
7 November 2018

Pasta gigi nano hidroksiapatit pertama di Indonesia mengandung silika dan sodium silikat yang berfungsi sebagai buffer. Buffer penting untuk menjaga kondisi netral pada rongga mulut.

Penelitian ini menggunakan metode post test only control group design dimana 16 gigi premolar rahang atas yang sudah diekstraksi, dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok pertama menggunakan larutan salin (K+), kelompok kedua menggunakan larutan demineralisasi (K-), kelompok ketiga menggunakan larutan pasta gigi nano hidroksiapatit dengan salin (P1), kelompok keempat menggunakan larutan pasta gigi nano hidroksiapatit dengan larutan demineralisasi (P2). Seluruh kelompok disentrifus dengan kecepatan 70 rpm selama 3 menit, dimasukkan ke inkubator dengan suhu 37oC dan diamati nilai atomik % unsur silikon, natrium, oksigen, fluor, dan hidrogen setiap 90 menit menggunakan scanning electron microscopy-energy dispersive x-ray (SEM-EDX).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa silikon, natrium dan oksigen memiliki penaikan dan penurunan yang searah dengan hidrogen, sedangkan fluor searah dengan natrium, oksigen, dan hidrogen, namun tidak searah dengan silikon.


Pada keseluruhan hasil, buffer pasta gigi ini dapat menstabilkan keadaan pada P1 menit 360 dan P2 menit 270. Pada penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa buffer pada pasta gigi ini hanya mampu melawan asam di siklus ketiga 90 menit. Tidak optimumnya fungsi buffer pada pasta gigi ini bergantung pada potensi silikon sebagai unsur utama buffer berhubungan dengan hidrogen dan natrium yang mempengaruhi fluor dalam pasta gigi.

gallery/galeri artikel_pasta gigi