Sodium Silikat Dalam

Detergent

By Ajidharma Corporindo (Distributor Bahan Kimia)
28 November 2018

Larutan natrium silikat (sodium silikat) telah digunakan sebagai bahan dalam proses pengeringan dalam pembuatan bubuk deterjen selama bertahun-tahun. Silikat solusi mudah ditambahkan ke pasta deterjen dan membantu mengontrol viskositas untuk produksi bubuk deterjen dari kepadatan yang diinginkan. Natrium silikat juga berfungsi sebagai pengikat untuk memberikan tingkat "kekerasan" yang tepat terhadap partikel-partikel berbentuk bola detergen, tanpa mempengaruhi kelarutannya dalam air.

Formulasi deterjen natrium silikat memiliki sejumlah sifat menyegarkan yang meningkatkan kinerja deterjen. Properti ini adalah:

  • Humidifikasi - Molekul surfaktan bertindak sebagai agen untuk mengurangi tegangan permukaan cairan, memungkinkan permukaan keras dari jaringan tanaman untuk menjadi basah selama pencucian
  • Emulsifikasi - Noda berminyak tersebar sebagai kabut halus yang tetap tersuspensi dalam larutan pencucian
  • Deflokulasi - Noda atau partikel anorganik dipecah menjadi partikel halus dalam larutan pencuci
  • Anti-redeposition - Kotoran atau puing-puing yang mengapung di air dicegah agar tidak didefinisi ulang pada permukaan bersih
  • Power Buffer - Berkat alkalinitas mereka, silikat memiliki kemampuan untuk mengontrol pH larutan detergen dengan adanya gurat asam dan melunakkan perubahan pH.
  • Pencegahan Korosi - Silikat membantu melindungi permukaan logam yang rentan terhadap efek korosif bahan deterjen lainnya.
  • Mengasingkan daya dan kondisioner - Silikat menghilangkan mineral dan oleh karena itu kekerasan air cucian dikurangi melalui mekanisme pertukaran ion yang menghasilkan senyawa (terutama kalsium, magnesium, besi dan mangan) yang dikeluarkan selama pembilasan.

Dalam formulasi detergen, silikat memiliki kemampuan untuk membantu unsur-unsur organik dengan efeknya pada permukaan kain, membantu menjaga kotoran kecil atau partikel berminyak dalam suspensi dalam cairan pencuci, dan membantu menghilangkan bintik-bintik dari permukaan. Alkalinitas natrium silikat memungkinkan mereka untuk menetralkan noda asam, mempromosikan emulsifikasi lemak dan minyak dan membubarkan atau melarutkan protein. Silikat memiliki kapasitas buffer yang tinggi dalam kaitannya dengan garam alkalin lain dan menstabilkan pH ke tingkat yang diinginkan dengan adanya senyawa asam atau dalam pengenceran.

gallery/galeri artikel_detergent