Mengenal

Stearic Acid

By Ajidharma Corporindo (Distributor Bahan Kimia)
10 Desember 2018

Stearic Acid adalah asam lemak yang ditemukan terutama pada turunan hewan, tetapi juga lemak nabati. Ini digunakan dalam berbagai produk kosmetik dan perawatan pribadi, sebagai bahan pengharum, surfaktan dan emulsifier.

Asam stearat terutama digunakan dalam produksi deterjen, sabun, dan kosmetik seperti sampo dan produk krim cukur. Sabun tidak dibuat langsung dari asam stearat, tetapi secara tidak langsung oleh saponifikasi trigliserida yang terdiri dari ester asam stearat. Ester dari asam stearat dengan ethylene glycol, glycol stearate, dan glycol distearate digunakan untuk menghasilkan efek seperti mutiara pada shampoo, sabun, dan produk kosmetik lainnya. Mereka ditambahkan ke produk dalam bentuk cair dan dibiarkan mengkristal dalam kondisi yang terkendali. Deterjen diperoleh dari amida dan turunan alkilammonium kuaterner dari asam stearat.

Melihat tekstur lembut garam natrium, yang merupakan komponen utama sabun, garam lain juga berguna untuk sifat pelumas mereka. Litium stearat merupakan komponen penting dari lemak. Garam stearat dari seng, kalsium, kadmium, dan timah digunakan untuk melunakkan PVC. Asam stearat digunakan bersama dengan minyak jarak untuk menyiapkan pelembut dalam ukuran tekstil. Mereka dipanaskan dan dicampur dengan soda api kaustik atau soda kaustik. Garam-garam yang terkait juga biasa digunakan sebagai agen pelepas, mis. dalam produksi ban mobil.

Asam lemak adalah komponen klasik pembuatan lilin. Asam stearat digunakan bersama dengan gula sederhana atau sirup jagung sebagai pengeras dalam permen. Dalam kembang api, asam stearat sering digunakan untuk melapisi serbuk logam seperti aluminium dan besi. Ini mencegah oksidasi, memungkinkan komposisi disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama.

gallery/galeri artikel_stearic acid