Mengenal Apa Itu Glycerine (Gliserin)?

By Ajidharma Corporindo (Distributor Bahan Kimia)
22 Oktober 2018

Gliserin (Glycerine) adalah cairan kental yang tidak berwarna dan rasanya manis. Gliserin memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Yang paling umum digunakan gliserin adalah dalam sabun dan produk kecantikan lainnya seperti lotion, atau bahkan digunakan untuk membuat dinamit (dalam bentuk nitrogliserin).

Cairan ini sangat populer dalam produk kecantikan karena merupakan humektan – itu menyerap air dari lingkungan. Dengan demikian, gliserin dapat membantu untuk menyegel kelembaban.

Gliserin dapat dilarutkan dengan mudah menjadi alkohol dan air tetapi tidak menjadi minyak. Senyawa kimia murni disebut Gliserol, yang menunjukkan bahwa itu adalah alkohol.

Gliserin mudah menyerap air dari udara sekitarnya, berarti gliserin bersifat higroskopis. Jika ada gliserin dibiarkan di tempat terbuka, gliserin tersebut akan menyerap air dari udara sekitarnya hingga cairan tersebut mengandung 20% air. Jika gliserin ditempatkan di lidah akan membuat lidah kering karena dehidrasi. Ketika produk kecantikan yang mengandung senyawa ini digunakan pada kulit sebagai pelembab, maka gliserin dapat membantu menjaga kelembaban kulit tersebut.

Bahan dasar pembuatan gliserin berubah dari waktu ke waktu. Pada tahun 1889, misalnya, gliserin bisa didapatkan dari para pengrajin lilin. Pada saat itu, lilin yang terbuat dari lemak hewan yang berfungsi sebagai bahan dasar pembuatan gliserin. Proses ekstraksinya cukup rumit dan ada beberapa cara untuk melakukannya. Cara termudah adalah dengan mencampur lemak dengan larutan alkali. Ketika dua dicampur, sabun terbentuk dan gliserin kemudian terbentuk.

gallery/galeri artikel_glyceryn