Cleaning dan Sanitasi Dalam Pabrik Pengolahan Daging

By Ajidharma Corporindo (Distributor Bahan Kimia)
9 November 2018

Didalam proses pengolahan makanan kita mengenal tahap cleaning. Pada tahapan ini adalah menghilangkan kotoran-kotoran yang terlihat secara kasat mata. Disini kita menggunakan detergent sebagai bahan pembersihnya. Bahan detergent yang mampu menghilangkan kotoran lemak dan protein secara efektif adalah Maxifoam C100, dengan dosis pemakaian 1 : 20. Maxifoam ini digunakan untuk membersihkan loyang. cutting board,dan peralatan lain di bagian trimming.

Demikian pula untuk peralatan seperti Cuber, Bansaw, Mincer, Cutter, Filler mixer, stick, dan peralatan lain dari stainless steel. Selanjutnya dalam tahapan sanitasi gunakan Antibac yang merupakan ikatan rangkap QAC, Ikatan rangkap QAC jauh lebih efektif dibandingkan QAC biasa.


Sedangkkan untuk membersihkan deep fryer maupun smoke house kita dapat menggunakan CIP CP5 dengan perbandingan 1 : 5 sampai 1 : 10 tergantung dari derajat kekotorannya.
Untuk mengatasi kontaminasi microbial dari lantai ruang produksi dapat menggunakan Antibac, efect antimicrobial coating akan membantu mencegah kontaminasi. Selanjutnya untuk sanitasi udara dapat menggunakan Hydroxide dengan dosis 8 ml/Liter. Hydroxide mampu melisiskan (menghancurkan) dinding bacteria dan virus secara efektif.

gallery/galeri artikel_sanitasi pabrik daging